Kuliah tamu Program studi D-III Teknologi Elektro-Medis tentang Perkembangan Teknologi Peralatan Radiologi di Bidang Kesehatan

Pada 20 Oktober 2023 Prodi D-III teknologi Elektro-Medis mengadakan kuliah tamu di Ruang Aula lantai 3 Universitas Mandala Waluya. Kegiatan ini sebagai upaya Peningkatan wawasan dan pengetahuan tambahan yang diberikan kepada mahasiswa dan dosen Program Studi D-III Teknologi Elektro-medis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya. Kegiatan ini dilakukan melalui kuliah tamu pada setiap semesternya. Kuliah  Tamu atau  guest  lecturer  menjadi  salah  satu  altenatif dalam  meningkatkan SDM  (Sumber daya Manusia) dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kuliah tamu adalah kegiatan perkuliahan/ceramah  yang menghadirkan  praktisi  dari industri/instansi  serta para pakar dari kalangan  perguruan  tinggi  untuk  memberikan  wawasan  kepada  para  mahasiswa  dan juga dosen dari berbagai program studi.  Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam bentuk ceramah dan merupakan  bagian  dari proses  pembelajaran  yang berkaitan  dengan  bidang  ilmu  atau bidang konsentrasi sebuah program studi.

Salah satu cara pemutakhiran  pengetahuan  untuk meningkatkan  kemampuan  mahasiswa  dan dosen dalam  mendalami  topik tertentu adalah melalui kuliah  tamu dengan topik khusus. Kuliah tamu kali ini tentang Perkembangan Teknologi Peralatan Radiologi di Bidang Kesehatan bersama seorang ilmuan yang merupakan  dosen Perguruan Tinggi dari Peoltekkes Kemenkes Surabaya yaitu Bapak Dr. Endro Yulianto, ST., MT. Tema ini sangat berkaitan dengan kompetensi mahasiswa pada matakuliah radiologi. Mata kuliah radiologoi adalah salah satu matakuliah yang memiliki bebas SKS terbanyak yaitu 9 SKS secara keseluruhan mulai dari Radiologi Dasar, Radiologi Lanjut I dan Radiologi Lanjut II.

Tujuan kuliah umumnya adalah meningkatkan wawasan mahasiswa dalam bidang/peminatan    tertentu   yang   tercantum    dalam kurikulum. Kegiatan ini    sekaligus   memberikan penyegaran proses pembelajaran  bidang studi tertentu sehingga dapat lebih mengembangkan diri dalam menghadapi perkuliahan. Oleh karena itu,  topik yang dibahas dalam kuliah tamu diupayakan memiliki potensi menambah wawasan dan penajaman kompetensi peserta didik pada bidang tertentu khususunya radiologi. Kegiatan ini diakhiri dengan Foto bersama narasumber dan peserta dari mahasiswa. Peserta kuliah tamu dihadiri oleh para dosen Prodi TEM dan mahasiswa angkatan 2019 sampai angkatan 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *